Jumat, 10 Januari 2014

Sisi Lain Iblis


Saat ini kurang lebih jam setengah 5 pagi, saya masih belum bisa tidur. Insomnianya parah. Pikiran tidak karuan, mata melek terus. Tiba-tiba terpikir tentang iblis. Eits, santai semua masih dibawah kendali. Saya hanya berpikir, mencoba merenungi hal positif dari iblis. Karena saya teringat tentang sebuah kalimat yang berbunyi "tidak ada satupun ciptaan Tuhan yang sia-sia". Dari situ saya merenung. Apa hikmah yang bisa didapat dari iblis. Karena iblis juga salah satu ciptaanNya. Saya mulai berpikir mencari hal positif dari iblis. Dan saya mendapat beberapa jawaban yang saya anggap ini bagus untuk kita turuti.

Menurut cerita, iblis itu diusir dari surga karena tidak mau bersujud kepada Nabi Adam. Dia sombong karena merasa lebih mulia. Itu adalah sisi negatifnya, trus dari situ saya juga mendapatkan sisi positifnya. Yaitu, iblis hanya mau bersujud kepada Allah SWT. Dia tidak mau bersujud selain kepadaNya. Dari sini kita bisa simpulkan bahwa iblis trmasuk ciptaanNya yang paling setia atau taat. Dan dari situ kita bisa mengambil pelajaran.

yang ke dua. Iblis berjanji kepada Allah untuk menyesatkan umat manusia hingga hari kiamat. Dan itu diijinkan oleh Allah. Semenjak itu, apa yang dilakukan oleh iblis hanyalah satu. Menyesatkan umat manusia hingga akhir zaman. Nah dari sini kita bisa mendapatkan pelajaran bahwa betapa istiqamahnya iblis ketika dia berjanji kepada Tuhan. Dia tidak pernah melakukan hal lain selain apa yang diucapkannya.

Nah mari kita introspeksi diri, apakah kita sudah bisa melakukan ibadah dan amaliah se'istiqamah iblis? Atau jangan-jangan lebih parah dari iblis? Think again!
Sementara saya hanya mendapatkan dua hal yang bisa kita jadikan pelajaran dari iblis. Mungkin dari anda yang bisa menambahkan silahkan komentarnya, mari kita sharing bersama untuk tujuan kebaikan. Demikian dulu tulisan sederhana ini saya buat. Saya hanya ingin mencari dan mengurai hikmah yang terselubung dari keMaha Besaran Allah SWT. Bahkan dari iblis sekalipun kita bisa mengambil hikmah. Seperti yang di awal tadi saya sebutkan. Bahwa tidak ada satupun yang diciptakan Tuhan itu sia-sia. Dan hal itu benar. Mohon koreksinya kalau ada sesuatu yang salah, karena tidak ada manusia yang semupurna.
Semoga kita selalu berada dibawah perlundungan Allah SWT, amin Ya Rabbal'alamin.

0 komentar:

Posting Komentar

komentar anda